Mesin pencarian pada google sangat penting untuk meningkatkan trafik blog atau website. Hal ini banyak sekali orang ingin meningkatkan kualitas website bahkan ingin menjadi top 1 dalam pencarian Google.
SEO atau disingkat Search Engine Optimization ialah upaya mengoptimal kan blog atau website agar mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dan dll.
Kemudian, SEO juga merupakan salah satu channel organik digital marketing yang bisa berkontribusi untuk memberikan impact terhadap perkembangan bisnis suatu perusahaan.
Bukan hanya itu saja mencari traffic bahkan di beberapa perusahaan, SEO merupakan channel yang menyumbang conversion (purchase, transaction, leads, dan lain-lain) paling banyak dibandingkan dengan paid channel.
Sebab, memiliki impact yang besar terhadap bisnis, SEO sangat penting bagi perusahaan. Tak heran jika saat ini mulai banyak perusahaan menjalankan SEO campaign. Namun, perlu kita ketahui bahwa SEO memiliki hasil jangka panjang dan bukanlah sebuah channel yang instan. Bagi kamu yang ingin menjalankan SEO, penting untuk mengetahui jenis, cara kerja, dan manfaat SEO yang sebenarnya.
JENIS JENIS SEO APA SAJA?
SEO On Page
SEO On Page merupakan SEO yang berkaitan dengan internal website, artikel ataupun konten yang terdapat pada website . Yang menjadi fokus pada SEO On-Page adalah gimana caranya konten yang kamu buat memiliki informasi yang berguna bagi customer/user dan tentunya relevan dengan bisnis kamu.
Selain itu, kamu juga harus memperhatikan title, heading 1, heading 2, heading 3, meta description, mengoptimasi gambar, struktur URL, internal link, hingga kecepatan website kamu. Elemen-elemen tersebut harus terus dioptimasi di SEO On-Page.
SEO Off Page
perbeda dengan SEO On-Page yang berfokus pada internal website (artikel atau konten), SEO Off-Page berfokus pada eksternal website.
Setelah website kamu rapi secara internal, kamu perlu mendapatkan pengakuan dari website lain bahwa website yang kamu miliki benar-benar website dengan konten berkualitas dan informatif. Salah satu cara mendapatkan pengakuan tersebut adalah dengan backlink.
Sederhananya, backlink adalah sebuah link yang ditanamkan oleh pemilik website lain ke website yang kamu miliki. Dengan begitu, bot mesin pencari akan mengetahui bahwa ada website lain yang merekomendasikan website kamu.
B#1 Accessibility
Accessibility berfokus agar suatu website dapat diakses dengan mudah oleh audience. Ini berkaitan dengan server dan web hosting. Jangan sampai kamu menggunakan server dan web hosting yang tidak bagus karena akan memengaruhi performa website kamu.
Keamanan dari website sangatlah penting untuk diperhatikan karena bot mesin pencari tidak akan menampilkan hasil di SERP dari website yang memiliki masalah keamanan, misalnya konten spam atau belum menggunakan https. Kamu bisa melihat seberapa accessible website kamu dengan melihat indikator-indikator dalam Core Web Vitals.
#2 Crawlability
Crawlability mengacu pada bagaimana website kamu dapat di index dengan baik oleh bot mesin pencari. Hal yang perlu diperhatikan dicrawlability adalah robots.txt, sitemap, redirection, response code (seperti tidak ada halaman 404) dan sebagainya.
#3 Content delivery
Hal yang tak kalah penting adalah struktur halaman, canonical, hreflang (jika website kamu memiliki dua atau lebih bahasa) serta structured data untuk memberikan info lebih terkait konten kamu ke bot mesin pencari.
Hal-hal tersebut yang kamu harus set-up dan optimasi di teknikal SEO agar website kamu dapat ditemukan di hasil pencarian SERP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar